Indonesia indah jika kamu mengenalnya

Percayalah, Indonesia itu indah banget...
beberapa antitesis miring yang mengecap bahwa orang yang liburan ke luar negeri itu gak cinta produk lokal, gak cinta indonesia..
dan itu salah banget...

cobalah berkunjung kenegara lain, maka kamu akan tahu betapa indahnya Indonesia.

coba sebutkan apa yang indonesia tidak punya!!
Maldives bangga dengan pantainya kita juga punya derawan.
Thailand punya Phuket kita juga punya raja ampat
Palau punya ubur2 tanpa sengat kita juga punya di kakaban
Nepal bangga punya himalaya kita juga punya puncak jaya wijaya.

waktu saya berkunjung kehongkong saya sempat bersyukur banget, untung hongkong gak punya pantai berpasir putih coba kalau punya. hmmmmmm
juga waktu ke siloso beach singapura, buat indonesia mungkin pantai itu gak ada apa-apanya jika dibanding pantai berpasir putih yang ada di Indonesia timur. 

dan seharusnya dengan kita traveling ke luar negeri itu semakin membuat kita semakin cinta dan bangga menjadi "Indonesian People" 

jika kalian muak dengan segala ketidakteraturan dan korupsi dinegara ini, harusnya dengan traveling keluar negeri kamu belajar banyak, dan setidaknya membuat pribadi kita berubah. 
mulai dari hal kecil, misalnya ketika kamu berjalan di eskalator, coba praktekkan apa yang kamu lihat dinegeri tetangga, kamu berjalan dihaluan sebelah kiri karena kanan untuk pejalan cepat. 

praktekkan bagaimana rapinya antrian dinegara tetangga, bagaimana takutnya kamu ketika akan membuang sampah dan merokok di singapura. cobalah untuk menularkan perubahan baik ini kepada orang disekitar kita.

kalau kita tidak bangga dengan negeri kita sendiri lantas siapa yang akan membanggakannya. 

Jadi beberapa tahun yang lalu, gw mendapatkan moment yang benar-benar merasakan nasionalis pada hidup gw. saat itu ketika gw balik dari traveling selama 2 minggu, dan saat itu pulang naik Maskapai Garuda Indonesia. sebelum take off terdengarlah lantunan lagu Tanah Airku dari komposer Adi MS. dan saat ini gak kerasa menetes airmata. 
nggak tau momen apakah itu, apakah gw cengeng apa memang gw rindu orang rumah. 
tapi yang jelas dalam hati gw berkata "Baru 2 minggu gw tinggal aja sudah seperti ini rindunya"

walaupun kata orang susah jadi orang indonesia kalau mau keluar negeri dengan modal passpor hijau, oke,memang begitu adanya. 

Tapi Bagaimanapun juga saya cinta Indonesia dengan passpor hijaunya. 


Komentar

Postingan Populer