Baubau, Keindahan yang tersembunyi di tenggara sulawesi.


Kalau saya menyebut baubau, mungkin  anda tidak tahu dimana letak kota ini. Tapi lain halnya kalau saya menyebut BUTON. Anda pasti akan mengobrak abrik memori pelajaran Sekolah dasar tentang kota penghasil aspal terbesar di Indonesia.

Ya, baubau memang salah satu kota administratif di sulawesi tenggara yang memang letaknya di Pulau Buton. Baubau sering menjadi persinggahan wisatawan yang ingin melanjutkan perjalanan menuju wakatobi, karena memang jarak tempuh antara baubau – wakatobi hanya 3 Jam untuk Speedboat dan 8 Jam untuk Kapal kayu. 

Banyak sesuatu yang indah yang bisa kita temui di kota kecil ini, entah itu wisata bahari, budaya, religi dan kuliner nya. 

1.       Pantai Nirwana
Siapa yang bisa menyangkal  keindahan laut indonesia timur, rasanya gak perlu disebutin satu persatu spot diving dan snorkling dari Indonesia Timur. Salah satu anugrah itu juga ada di pantai ini, dengan garis pantai yang lumayan panjang. Pantai ini bisa saya sebut sebagai pantai paling indah di Baubau, perpaduan antara pasir putih dengan tiga gradasi warna air lautnya sulit untuk anda tidak takjub.

Pantai Nirwana



Pantai ini berjarak sekitar 3 Kilometer dari pusat kota, untuk perjalanan kendaraan roda dua bisa ditempuh dengan jarak 15 menit atau 5 menit dari Bandar Udara betoambari baubau.  Untuk biaya masuk, anda gak harus merogoh dompet dalam2 hanya 2 ribu perak. Yah bener dua ribu. Kalau anda anda datang pagi2 buta malah bisa jadi gratis, karena penjaga nya belum datang kelokasi :D

2.       Benteng keraton Buton
Yah, dengan luas sekitar 23.000 hektar dan memiliki keliling 2.700 meter gak heran kalau benteng ini masuk dalam dalam rekor MURI sebagai benteng terluas didunia. Benteng ini berada dipusat kota baubau, biaya masuk ketempat ini gratis.

Didalam benteng ini kita dapat menikmati suasana pemukiman yang sudah ada sejak Abad ke 15, pmukiman penghuni benteng ini memang turun temurun dari keluarga keraton. Selain itu didalam komplek benteng ini juga terdapat masjid yang dibangun dari abad ke 15, kalau anda ingin yang unik dari masjid ini silahkan datang mengikuti shalat jumat nya. Didepan masjid terdapat tiang bendera kayu yang sudah berumur ratusan tahun, saya yakin inilah tiang bendera tertua didunia.

Pemandangan Kota Baubau Diambil dari Keraton Kesultanan Buton


Sungguh sayang untuk lokasi heritage seperti belum masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. 

3.       Patung Naga Kamali
Kalau singapura punya merlion maka baubau memiliki binatang ikonik yang disebut naga kamali, ini merupakan naga terpanjang didunia. Karena patung kepala berada di pinggir pantai sedangkan ekornya berada di puncak gunung. Saya gak tahu pasti asal muasal mitos naga kamali ini, tapi lokasi patung kepala naga kamali persis tepat dialun-alun kota baubau yaitu pantai kamali. Sebuah kawasan reklamasi layaknya losari dimakassar.

Patung Naga Kamali
Patung Naga Kamali


Selain patung naga kamali anda juga dapat menikamati wisata kuliner dari pedagang kaki lima yang berjejer di sana. Yang harus anda coba ketika berkunjung ketempat ini adalah : Pentol Ikan dan saraba. 

4.       Bukit Kolema
Inilah tempat melihat sunset terbaik di dunia versi saya, apapun kualitas kamera anda, bahkan orang yang gak canggih dibidang fotografipun jika memoto sunset disini hasilnya pasti bagus. Guratan merah cahaya matahari berpadu dengan awan tipis dan birunya air laut adalah hal yang mustahil buat kamu meolak keindahan sunset dari bukit ini. Selain menikmati keindahan sunset, kitapun bisa menikmati segelas saraba hangat (Minuman dari Jahe dipadu dengan santan, susu dan telor) dan sukun goreng serta ubi goreng dan sambal khasnya.


Sunset di Bukit Kolema


Bukit ini sebenarnya adalah tebing-tebing tinggi  dipinggir laut yang disulap oleh pemkot menjadi tempat bersantai dikala sore. Tempat ini berjarak kurang lebih 10 menit dari pusat kota dan bisa ditempuh dengan Ojek atau bentor. Ya bentor dan ojek adalah transportasi massal didaerah ini. Atau bahkan saya bisa menyebutnya dengan kota seribu ojek. Tiket masuknya Gratisss. 

5.       Pantai Lakeba
Ini sebenarnya bukan pantai buat umum, karena pantai ini berada persis disalah satu restoran yang ada dibaubau. Jadi untuk menikmatinya anda harus setidaknya memesan minuman atau makanan.


Pantai ini lumayan jauh dari pusat kota dan jalanan yang dilalui cukup sepi, sehingga saya menyarankan untuk yang ingin mengunjungi tempat ini bisa siang atau sore hari. Jarak dari pusat kota kira2 30 menit dengan kendaraan roda dua.

Anjungan Pantai Lakeba

Sunset Di Pantai Lakeba

6. Kotamara Green City
Ini adalah alun-alun terbaru kota baubau, Tempat terpadu yang semula adalah laut berisi jogging track dan sarana olahraga lain, bisa dijadikan opsi untuk membuang penat dikala sore hari.

Sunrise dikotamara green city.

Sunset disatu sudut Kotamara Green City.
Kami Tunggu Kehadiran kalian di tenggara pulau sulawesi ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer