, my Penang

Untuk menjelajah kota kecil ini gak butuh waktu berhari-hari, buktinya dalam sehari gw bisa keliligi 100 hektar George Town dan naik ke bukit bendera.

Gak salah memang kalo pulau kecil ini mendapat julukan Pulau mutiara,
Antik, Unik, bersih....
itulah yang bisa gw katakan...

awalnya angapan gw Setelah Kuala Lumpur hanya Johor Bahru-lah negara bagian malaysia yang wowwww. tapi trip kemaren membuka pikiran gw kalau ada mutiara lain disana.

How Get There?
Banyak cara menuju kepenang, mulai dari flight thru dari Indonesia atau transit di kuala lumpur seperti gw kemaren.
untuk opsi kedua bisa dilakukan dengan 3 cara, jalan darat, kereta dan penerbangan.

untuk yang memilih kereta tolong perhatikan jadwal keberangkatan keretanya,
sekali lagi
tolong....
kalau tidak mau kejadian seperti saya.
ternyata kereta disana on time banget, gak kaya kereta di indonesia. Pede hanya telat 5 menit, eh tau taunya sudah ditinggal kereta. alhasil hanya bisa duduk di sudut tembok sambil meratapi nasib.

Kemana Tujuan Anda?
Tiba di Penang Internasional Airport di Bayan Lepas, Kalo ingin ke :

1. Jetty / Weld Quay / Komtar
Ambil Bus rapid Penang dengan No 401/401 E Tujuan Jetty
jangan salah JETTY bukan Balik Pulau.
Jetty atau nama resminya Weld Quay adalah daerah pelabuhan yang langsung berhadapan dengan George Town kota tua yang masuk dalam Situs Warisan Dunia Unesco.

Jetty adalah pemberhentian terakhir Bus No 401. sedangkan Komtar adalah sejenis terminal Bus tempat berkumpulnya semua bus yang ada di Penang. Komtar adalah pemberhentian sebelum Jetty.

2. George Town
Apa yang ada di George Town?
George Town icing memang cuman gedung tua dan gedung tua.
tapi waittttt
ini bukan sembarang gedung tua, ada 200 hektar dinda!!!!!
yang terbagi dalam 2 zona.
gedung2 tua disini bener2 terawat dan terpelihara.



Dari jetty ada banyak cara buat berkeliling George Town : Bus Hop gratis, Sewa Sepeda dan berkeliling Jalan Kaki. Paling saya rekomendasikan adalah Jalan kaki atau bersepada. karena Bus hanya berkeliling saja tanpa ada pemandu nya. untuk berjalan kaki saran saya siapkan counterpain minimal 2 tube, karena anda akan mengelilingi kota tua kurang lebih 200 hektar :D

untuk berjalan kaki jangan lupa ambil Peta Wisata.
Dari jetty cari jalan Lebuh Chulia, anda bisa memulai perjalanan anda dari situ.  Anda mulai akan mendapati gedung-gedung tua, jangan abaikan setiap gang gang kecil karena di gang kecil inilah kita bisa menemui lukisan2 dinding yang unik banget.

lebuh pantai atau bank street adalah jalan yang harus anda kunjungi.
ini adalah jalan yang paling banyak gedung2 tua yang tertata dengan indah.

Untuk menikmati street art dating ke jalan Armenian, dan coba juga ais kacang dan ais cendol diujung jalannya. mantab surantab....


Ais cendol versi Penang, Cendolnya lebih kecil, lebih kenyal, lebih kreatif dan lebih enak :D

3. Penang Hill/Bukit Bendera/Kek Lok Si Temple
Dari George Town Naik Bus Hop (Gratis) Turun di Komtar ambil bus No : 204 jurusan Bukit bendera  dan turun di kek Lok si atau bukit bendera. Jarak anatara kek lok si temple dan bukit bendera memang tidak terlalu jauh tapi saya tidak merekomendasikan dengan jalan kaki.

untuk naik kebukit bendera saya sarankan datang sekitar jam 18:00 dan jam segitu anda bisa melihat kota penang waktu terang dan jika menunggu 2 jam kemudian akan melihat penang waktu malam.

perjalanan kebukit bendera melalaui trem dengan membayar 35 RM untuk turis asing dan 10 RM untuk penduduk lokal, agak monohok sih perbedaannya :'(.

Berkunjung penang hill paling recommended sore hari, kamu akan menemukan 2 pemandangan rupawan disini. melihat landscape penang pada siang hari dan panorama lampu malam di kota penang.
Pemandangan Malam Hari Kota Penang dari Bukit bendera.



Komentar

Postingan Populer